Salah satu kemudahan yang disediakan oleh Microsoft Word adalah dengan adanya menu numbering. Fungsi dari numbering pada Microsoft Word adalah numbering berguna untuk memberikan angka atau nomor pada setiap paragraf sehingga tulisan anda akan tampak urut sesuai dengan penomoran yang anda inginkan. Numbering adalah bentuk nomor atau penomoran yang akan diberikan diawal baris baru secara otomatis. Jenis numbering ada beberapa yaitu seperti angka romawi dan angka decimal.

Cara menggunakan numbering :

  1. Arahkan kusor ke atas pada menu Home yang ada di bar
  2. Klik numbering pada kolom paragraf
  3. Untuk memilih jenis bullet angka klik tanda panah kebawah pada bullet angka yang anda harapkan. https://www.google.com/imgres?imgurl=http://2.bp.blogspot.com/-w1i4hHSFSxU/UzQCBdNLUvI/AAAAAAAAAuI/psqOj4xrdsI/s1600/fungsi%252Bnumbering.jpg&imgrefurl=http://tutorial-mj.blogspot.com/2014/03/penggunaan-bullets-dan-numbering-pada.html&h=550&w=664&tbnid=Q8PL8hW8_6ZjKM:&docid=4hGQQcLGaWnY_M&ei=yEyIVs2WJ4OSuASh-LXICA&tbm=isch&client=opera&ved=0ahUKEwjNmoKtlIzKAhUDCY4KHSF8DYkQMwghKAUwBQ
  4. Selain itu juga dapat memilih alternative bulleted angka yang lain dengan mengklik Define New Number Format
  5. Klik character numbering yang anda inginkan
  6. Klik OK

Numbering akan secara otomatis terjadi ketika anda menekan “enter”. Jika ingin menghentikan numbering anda bisa melakukan cara berikut ini, yaitu dengan menekan enter lalu tekan tombol backspace 2 kali itu akan membuat anda berada dalam keadaan awal seperti di paragaraf sebelumnya. Cara selanjutnya yaitu dengan cara anda harus melakukan enter terlebih dahulu setelah itu bisa mengarahkan kursor ke atas kearah kolom numbering lalu klik 1 kali, proses ini juga dapat menghentikan proses pada numbering.

Ketika anda sudah menulis banyak tetapi belum menggunakan numbering atau sedang lupa menggunakanya. Tenang saja, jika anda sudah terlanjur mengetikan paragraf terlebih dahulu, maka yang harus anda lakukan adalah memblok terlebih dadulu paragraf yang akan dibuat numbering setelah itu baru klik icon pada numbering.